Tata Cara Ibadah Umroh

Manasik umroh Haji

Untuk kesempurnaan Ibadah Umroh dan Haji para Jamaah FBI Group akan selalu di bekali dengan Manasik Umroh dan Haji, dan untuk Jamaah Umroh dan haji Jakarta dan sekitarnya untuk manasik umroh akan dilaksanakan di kantor Pusat FBI Group di Jl raden saleh karang tengah Meruya Tangerang. Dalam manasik tidak hanya tata cara umroh secara fikih tapi juga hal-hal lain terkait dengan Sosialisasi Perjalanan Ibadah Umroh atau haji

Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah

Sebagaimana sudah banyak di bahas di media lain terkait Tata Cara Umroh, Kami akan sampaikan Bagaimana tata cara umroh untuk menjadi bekal pada saat di Mekah untuk Umroh.

tata cara umroh
Tata cara Umroh

RUKUN UMROH

  1. Ihram
  2. Thawaf
  3. Sai
  4. Tahalul
  5. Tertib

Ihram

Rukun pertama ibadah umroh adalah Ihram yaitu Niat Umroh dan berpakaian Ihram dan dilaksanakan di Miqot, sedang miqot adalah batas di mulainya Ibadah Umroh atau Haji. Untuk pembahasan miqot akan di bahas secara terpisah.

Sedangakan lafadz niat umroh adalah :

“Labbaik Allohumma Umrotan”

artinya : Aku sambut pamggilan MU Ya Alloh untuk Menjalankan umroh”

Setelah niat umroh atau haji di lafadzkan maka untuk jamaah tersebut akan berlaku larangan-larangan saat umroh, larangan tersebut seperti mencabut rambu/bulu, memakai minyak wangi dan banyak lagi. Untuk pembahasan tentang apa saja yang harus dihindari saat umroh atau larang saat umroh akan dibahas di artikel yang lain

Thowaf

Setelah niat umroh dan memamakai pakaian ihram, para jamaah akan bergerak dari tempat miqot ke Masjid AlHarom untuk melaksankan Thawaf sebanyak 7 Putaran. Dalam memulai thawaf Jamaah umroh akan memulai dari Sudut Kabah yang ada Hajar Aswadnya dan untuk jamaah yang jauh dari Mathof yaitu tempat Thowaf dekat Kabah misalnya di Lantai 2 atau 3 Masjid Alharom ada lampu hijau di sebelah kanan jamaah sebagai tempat mengawali Thowaf.

Untuk diperhatikan saat Thowaf adalah Jamaah harus dalam bersuci atau berwudhu dan Thawaf hampir seperti sholat, saat sholat tidak boleh berbicara, di umroh juga tidak bicara juga.

Setalah melaksanakan Thowaf dan sebelum melaksanakan Sai, jamaah di sunnahkan melaksanakan sholat sunnah Thowaf 2 Rakaat di dekat Maqom Ibrohim

tata cara umroh
Tata Cara Umroh

Sai

Setelah selesai melaksankan Rukun Umroh yang ke dua yaitu Thawaf maka para jamaah akan di bimbing ke Mas’a atau tempat Sai. Dalam melaksnakan Sai tidak harus dalam keadaan suci atau berwudhu tapi jika Sai dalam keadaan masih punya wudhu maka lebih afdhol.

Jamaah Umroh FBI SAI
Sai

Sai dilaksankan sebanyak 7 kali di mulai dari Bukit Safa menuju bukit Marwah dan di hitung sekali kemudian dari bukit marwah ke bukit safa di hitung ke dua, begitu seterusnya sampai ke tujuh berakhir di Bukit Marwah

Tahalul

Jamaah umroh atau haji setelah tuntas melaksanakan proses Sai yang berakhir di Bukit Safa, maka di tuntaskan dengan rukun umroh berikutnya yaitu Tahalul dengan mengunting atau mencukur rambut minimal 3 helai.

Untuk Jamaah Umroh laki-laki di sarankan untuk menggundul rambutnya karena ada keutamaannya yaitu seperti Sabda Nabi SAW berikut ini

“Ya Alloh, ampunilah orang yang menggundul habis, para Sahabat berkata “Wahai RasulAlloh, bagaimana sekedar memendekan ? Beliau masih bersabda ” Ya Alloh, ampuni orang yang menggundul habis, para Sahabat balik bertanya ” Wahai RasulAlloh, bagaimana sekedar memendekan ?” Beliau masih bersabda ” Ya Alloh, ampuni orang yang menggundul habis” para Sahabat kembali bertanya “Wahai Rasul Alloh, Bagaimana cuma sekedar memendekan ? baru Beliau Menjawab “dan juga bagi yang memendekan (HR. Bukhori dan Muslim)

Tertib

Tertib adalah rukun terakhir dari Rukun Umroh , maskudnya adalah Rukun Umroh harus sesuai urutan tidak boleh ada yang di dahulukan jadi harus tertib.

Salam Perindu Baitulloh

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Artikel yang lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *